KIKD
PJOK KELAS 10 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
KELAS: X
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar
untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik*
|
4.1 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan gerak salah
satu
permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik*
|
4.2 Mempraktikkan hasil
analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3 Menganalisis keterampilan
jalan
cepat, lari, lompat
dan lempar untuk
menghasilkan
gerak
yang efektif*
|
4.3 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan
jalan
cepat, lari,
lompat dan lempar untuk
menghasilkan
gerak yang efektif*
|
3.4 Menganalisis keterampilan
gerak seni
dan
olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak
yang efektif**
|
4.4 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan
gerak seni dan
olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **
|
3.5 Menganalisis konsep
latihan dan
pengukuran komponen
kebugaran
jasmani terkait
kesehatan (daya
tahan, kekuatan, komposisi
tubuh,
dan kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar
|
4.5 Mempraktikkan
hasil analisis
konsep latihan dan
pengukuran komponen
kebugaran
jasmani terkait
kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar
|
3.6 Menganalisis keterampilan
rangkaian gerak sederhana dalam
aktivitas
spesifik senam lantai
|
4.6 Mempraktikkan
hasil analisis
keterampilan rangkaian
gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
3.7 Menganalisis gerak rangkaian
langkah dan
ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas
gerak berirama
|
4.7 Mempratikkan hasil
analisis
gerak rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak
berirama
|
3.8 Menganalisis keterampilan
satu gaya renang***
|
4.8 Mempraktikkan
hasil analisis
keterampilan satu gaya renang
***
|
3.9 Memahami konsep dan
prinsip pergaulan
yang sehat antar remaja dan
menjaga diri dari
kehamilan
pada usia sekolah
|
4.9 Mempresentasikan
konsep
dan prinsip
pergaulan yang sehat
antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan
pada usia sekolah
|
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi
hukum bagi para pengguna dan
pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan
obat
berbahaya lainnya
|
4.10 Mempresentasikan
berbagai
peraturan perundangan serta
konsekuensi hukum bagi para pengguna dan
pengedar
narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA)
dan obat berbahaya lainnya
|
Tag :
KIKD