Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana
perbaikan*
|
4.1
Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan gerak salah
satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
|
3.2
Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana
perbaikan*
|
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah
satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
|
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana
perbaikan*
|
4.3
Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan, lari,
lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana
perbaikan *
|
3.4
Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan
(shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif**
|
4.4
Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam pertarungan
bayangan (shadow f ighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang
efektif **
|
3.5
Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan,
dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
|
4.5
Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait keterampilan (kecepatan,
kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
|
3.6
Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak yang
lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
4.6 Mempraktikkan hasil analisis berbagai keterampilan
rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
3.7
Menganalisis sistematika latihan (gerak pemanasan, inti
latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama
|
4.7 Mempraktikkan hasil sistematika latihan (gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama
|
3.8
Menganalisis keterampilan dua gaya renang ***
|
4.8
Mempraktikkan hasil analisis keterampilan dua gaya
renang***
|
3.9
Menganalisis manfaat jangka panjang dari partisipasi
dalam aktivitas fisik secara teratur
|
4.9
Mempresentasikan manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
|
3.10Menganalisis bahaya, cara penularan,
dan cara mencegah HIV/AIDS
|
4.10
Mempresentasikan hasil analisis bahaya, cara penularan,
dan cara mencegah HIV/AIDS
|
Tag :
KIKD